JAKARTA – Setelah berjalan selama 4 tahun, akhirnya manga Tokyo Ghoul:re karya Sui Ishida berakhir juga. Meskipun musim kedua dari anime-nya akan segera dimulai, serial yang merupakan bagian kedua dari serial Tokyo Ghoul, dan dimulai sejak Oktober 2014 di majalah mingguan Young Jumptersebut telah sampai pada babak terakhirnya, pada 5 Juli 2018, tepatnya pada chapter 179 dengan judul The Montain Goat Song.

Dalam kata-kata sambutannya, sang komikus Sui Ishida mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para insan-insan yang telah membaca dan mendukung serial Tokyo Ghoul selama 7 tahun belakangan ini. Adapun edisi terakhir dari manga  Tokyo Ghoul:reyaitu edisi ke-16, akan mulai dijual di Jepang pada 19 Juli mendatang. Selain itu melalui akun Twitternya, Ishida juga menyebutkan bahwa semuanya sudah berakhir, dan ia ingin tidur untuk beristirahat.

Tokyo Ghouladalah sebuah manga bergenre thrillerkarya Sui Ishida. Dalam seri manga ini dikisahkan karakter bernama Ken Kaneki yang suatu hari menyaksikan aksi pembunuhan dari para makhluk pemangsa manusia yang bernama Ghoul. Tokyo Ghoul:resendiri adalah sebuah manga lanjutan yang telah diterbitkan di Jepang pada tahun 2014 lalu, di mana pada manga ini, dikisahkanlah kejadian 2 tahun setelah manga pertamanya, lengkap dengan kehadiran sejumlah karakter baru.

Musim pertama dari seri anime Tokyo Ghoul sudah ditayangkan di Jepang, tepatnya pada musim panas tahun 2014 lalu, atau sekitar bulan Juli hingga September 2014. Dan pada awal tahun 2015, musim kedua dari seri anime ini sudah ditayangkan. Di Indonesia, serial baca manga telah dirilis oleh penerbit m&c, sedangkan film live-actionnya pernah diputar di layar bioskop Indonesia.

Adapun manga Tokyo Ghoul:re sendiri juga telah diadaptasi menjadi serial anime, di mana serial anime ini telah dirilis di televisi Jepang sejak bulan April 2018 lalu, dan akan telah berakhir pada bulan Juni 2018 lalu. Meskipun begitu, serial anime ini akan segera berlanjut pada musim keduanya, tepatnya pada bulan Oktober 2018 mendatang.