DLH Batanghari Olah Tinja Masyarakat Jadi Kompo

Author: | Posted in kesehatan, Rumah No comments

DLH Batanghari Olah Tinja Masyarakat Jadi Kompo

DLH Batanghari Olah Tinja Masyarakat Jadi Kompo

Thirdwaveweb.com, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batanghari lakukan pemrosesan sampah domestik terpenting tinja, jadi kompos.

Dengan memakai skema pengomposan, sampah domestik salah satunya sampah tinja manusia bisa di proses jadi pupuk serba untuk dengan lewat tahapan-tahapan.

Pemrosesan yang dikerjakan dalam tempat pembuangan akhir TPA AMD Muara Bulian itu, memercayakan limbah-limbah domestik dari penduduk seputar. Untuk sampah tinja sendiri di bisa dari penyedotan teratur yang di kerjakan team sedot WC Dinas LH.

“Dimana bahan baku yang didapat bermacam, baik dari rumah tangga sampai perkantoran. Yang setelah itu di proses serta diolah di TPA kita,” tutur Kabid Persampahan DLH Batanghari, Zamhuri pada Tribunjambi.com, Senin (10/9).

Selanjutnya dia menuturkan, pemrosesan sampah domistik jadi pupuk kompos itu lewat beberapa proses dengan memakai instalasi pemrosesan lumpur tinja (IPLT).

“Dalam proses pengolahannya sendiri dapat menghabiskan waktu 2 – 3 bulan, dari bermacam tingkatan yang dikerjakan,” Tuturnya.

Step awal, lumpur tinja serta air dipisahkan. Setelah itu lumpur dijemur serta paling akhir diangkut ke TPA untuk digabung dengan sampah organik serta tanah sampai jadi kompos.

“Dalam pengolahannya sehari-hari terus-terusan ada bahan yang didapat dari sampah domestik rumah tangga, kantor serta tempat usaha,” ucapnya.

Baca juga: Jasa Sedot WC Medan Murah

Selain itu, di lapangan ketua pengawas lapangan, Kamisa menjelaskan, dalam proses pengomposan itu mesti dikerjakan dengan setahap. Baik mulai pengangkutan dari tiap-tiap rumah sampai pemrosesan dan pencampuran jadi pupuk kompos.

“Di sini ada enam orang tenaga spesial pemrosesan sampah domestik, dimana enam orang itu mempunyai pekerjaan serta keharusan yang berlainan,” katanya.

Selama ini pupuk hasil produksinya. masih juga dalam taraf kecil serta masih juga dalam step peningkatan. Cuma bila ada pameran serta diperlukan oleh pihak sekolah contohnya baru dipamerkan.