Pengobatan Holistik Menurut KBBI

Author: | Posted in kesehatan No comments

Pernahkah Anda Mendengar & Membaca Pengobatan Holistik? KKBI adalah singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. KKBI terbentuk karena adanya berbagai ragam bahasa atau istilah yang memerlukan definisi pasti dalam bahasa Indonesia. Sekarang ini ada fitur baru yang memfasilitasi pengguna menggunakan KBBI online atau KBBI daring sehingga memudahkan pengguna mencarinya lewat laptop, handphone pintar atau computer desktop.

KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi LUX, Buku & Alat Tulis, Buku di Carousell

KBBI – Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi LUX, Buku & Alat Tulis, Buku di Carousell

Kembali ke istilah pengobatan holistik menurut KBBI adalah pengobatan yang melalui proses pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala dengan memandang masalah atau gejala tersebut sebagai satu kesatuan.

Hal ini dapat dijabarkan sebagai berikut. Apabila pengobatan memang diperlukan, maka setiap masalah kesehatan atau gejala yang timbul haruslah dipandang secara keseluruhan. Setiap aspek yang menyertai timbulnya masalah dan gejala tidak bisa diselesaikan secara sendiri-sendiri. Diperlukan adanya keterikatan satu sama lain yang saling menunjang proses pengobatan itu sendiri. Segala komponen penyerta dari sebuah masalah kesehatan adalah dari diri pasien itu sendiri, lalu komponen penyertanya adalah pihak keluarga, lingkungan, sosial, mental, spiritual dan mungkin juga aspek finansial menjadi sesuatu yang harus dipeetimbangkan secara menyeluruh.

Gabungan dari beberapa aspek ini saling bertautan satu sama lain membentuk ikatan yang utuh dipandang dari segi pengobatan medis. Sangatlah sulit untuk mejalankan proses pengobatan apabila disetiap aspeknya dikerjakan secara masing-masing. Pun halnya terhadap diri pasien itu sendiri, proses ini akan berlangsung lama dan tidak sesuai harapan.

Dalam KKBI telah jelas bahwa pengobatan holistik adalah memandang suatu penyakit secara utuh sebagai satu kesatuan dengan mempertimbangkan segala komponen yang ada di dalamnya. Ternyata konsep seperti ini telah diimplementasikan dalam dunia kesehatan itu sendiri sejak dulu dan memang terbukti hasilnya jauh lebih memuaskan daripada proses pengobatan yang tidak memandang aspek penyertanya sebagai satu kesatuan yang juga harus diselesaikan secara bersama-sama. Alhasil metode pengobatan secara holistik saat ini menjadi pegangan bagi pemeran dunia kesehatan saat ini baik dalam maupun luar negeri.