Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Paru Obstruktif (PPOK)

Author: | Posted in kesehatan No comments

Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi, banyak juga ditemukan penyakit – penyakit yang tadinya tidak bisa terdeteksi dengan menggunakan peralatan medis yang tradisional. Termasuk juga jenis penyakit yang menyerang paru – paru karena berbagai faktor dan dalam waktu yang cukup lama. Penyakit ini sering disebut dengan penyakit paru – paru obstruktif.

penyakit paru obstruktif

Ingin mengetahui lebih jelas mengenai penyakit ini ? Ikuti pembahasan lebih lanjut dalam artikel ini. Memang cukup banyak penyakit yang menyerang paru – paru, dan salah satunya yaitu penyakit paru – paru obstruktif, apa yang dimaksud dengan penyakit paru obstruktif ?

Pengertian Penyakit Paru Obstruktif

Penyakit paru – paru obstruktif yaitu penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada paru – paru dalam waktu yang cukup lama. Penyakit tersebut menyebabkan terhalangnya aliran udara karena terdapat lendir atau dahak pada saluran sehingga penederita mengalami kesulitan bernafas.

Diagnosa Penyakit Paru Obstruktif (PPOK)

Bagaimana bisa diketahui seseorang menderita penyakit paru obstruktif ? Pertama, tentu saja dokter melihat dari keluhan dan gejala awal yang dialami oleh pasien. Kemudian untuk mengetahui lebih dalam terkait seberapa parah penyakit ini dokter menganjurkan untuk melakukan beberapa tes.

# Tes Fungsi Paru

Tes ini berfungsi untuk mengetahui fungsi paru – paru melalui jumlah volume hembusan nafas pasien. Proses tes ini disebut dengan tes spirometri dan menggunakan alat yang disebut Spirometer. Dari tes ini akan didapatkan sebuah data berupa grafik yang dapat digunakan untuk mengindikasikan adanya penyakit PPOK.

# Tes Darah

Selain tes tersebut diatas, biasanya dilakukan juga tes darah untuk memeriksa antitrypsin alfa-1 yang dapat digunakan untuk mendeteksi gejala penyakit yang serupa dengan PPOK.

Penanganan Penyakit PPOK

Menurut berbagai sumber yang saya dapatkan, PPOK merupakan salah satu jenis penyakit yang belum bisa disembuhkan. Tindakan pengobatan yang dilakukan sekarang ini hanya berfungsi untuk mengurangi gejala dan juga untuk mengendalikan perkembangan penyakit tersebut. Proses pengobatan yang dilakukan yaitu dengan penggunaan obat yang diberikan oleh dokter, fisioterapi dada hingga tindakan operasi.

Saran Untuk Penderita PPOK

Selain pengobatan yang teratur, disarankan kepada penderita PPOK untuk melakukan upaya sendiri dalam mengurangi resiko penyakit ini seperti :

  • Berhenti merokok
  • Menghindari polusi udara
  • Olahraga teratur
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Memeriksakan diri secara rutin ke dokter