Pernak-pernik Baju Adat Betawi

Author: | Posted in Busana No comments

Bagi kamu yang memutuskan untuk memilih baju adat Betawi sebagai pilihan wedding dress untukmu dan pasanganmu, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui pernak-pernik baju adat Betawi. Meskipun sudah banyak modifikasi yang telah dilakukan dikarenakan perkembangan zaman dan keinginan konsumen, tidak ada salahnya juga bagi kamu dan pasangan memutuskan untuk mengenakan pakaian adat betawi tradisional sebagai bentuk rasa cinta tanah air.

Pernak-pernik Baju Adat Betawi

Lalu, apa saja pernak-pernik baju pengantin adat betawi? Berikut ulasannya.

  1. Sadariah

Jika kamu pernah menonton acara Abang None Jakarta, pasti sudah mengenal jenis pakaian yang satu ini meskipun awalnya kamu tidak mengetahui secara pasti nama pakaian tersebut. Sadariah merupakan pakaian adat Betawi yang dikenakan khusus bagi para lelaki Betawi. Pada umumnya, pakaian ini dikenakan pada acara resmi.

  1. Kain Sarung Batik

Kain sarung batik biasanya dikenakan sebagai pengganti rok. Warna yang tersedia biasanya terdiri dari warna-warna cerah dan ceria. Jika kaamu merasa tidak cocok dengan warna-warna yang cerah, kamu dapat menggantinya dengan warna kesukaanmu dan pasangan.

  1. Baju Kurung

Pakaian adat betawi memang identik dengan baju kurung. Nah, setelan seperti ini dapat kamu kenakan pada acara akad nikahmu dan pasangan. Selain dapat memberikan kesan elegan, kamu dan pasangan dapat merasakan secara betapa sakralnya momen pernikahan tersebut.

  1. Selendang

Selendang merupakan bagian pelengkap pakaian adat Betawi yang biasanya dikenakan di leher kaum lelaki.

  1. Kerudung

Bagian penutup kepala ini merupakan bagian dari pakaian adat perempuan Betawi. Pemilihan warna kerudung dapat disesuaikan dengan baju yang dikenakan.

  1. Mahkota

Nah, bagian yang satu ini memang tidak boleh terlupakan. Pada umumnya, mahkota ini merupakan pernak-pernik pakaian  pernikahan adat Betawi yang dilekatkan pada kepala wanita. Selain itu, terdapat penutup wajah yang senada dengan mahkota tersebut. Pasti sudah terbayangkan bagaimana pernak-pernik ini menghiasi wajah pengantin wanita?

Nah, itulah pernak-pernik baju adat betawi yang harus kamu pertimbangkan keberadaannya. Kamu bisa saja memilih pakaian pengantin adat betawi jenis apa saja, naamun jangan sampai menghilangkan ciri khas pakaian adat tersebut.

Sumber :: iamsamcampaign.org