Rukun Haji dan Umrah, Beserta Syaratnya Secara Lengkap

Author: | Posted in Bisnis, Hiburan, kesehatan No comments


Rukun haji dan umrah – Haji dan umrah merupakan salah satu rukun islam yang ke lima, mobilisasi ibadah haji amat wajib ditunaikan bagi umat islam seluruh dunia, baik laki-laki maupun perempuan.
Menunaikan ibadah haji adalah laksanakan amal ibadah spesifik bagi umat islam, yang sanggup kemauan secara yang benar sebab melacak keridhaan Allah SWT.
Dan dan juga sanggup dalam fisik, rezki, maupun ilmu secara benar, yang diajarkan oleh nabi Saw. Melaksanakan ibadah haji terhitung kesibukan terhadap pas yang udah ditentukan, yakni terhadap bulan Dzulhijjah.
Kalau kita wajib ketahui yang dimaksud dengan pas spesifik adalah terhadap bulan haji yang dimulai bulan syawal sampai 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.
Dan amalan yang wajib ditunaikan terhadap Badal Haji ialah thawaf, sa’i, wukuf, mazbit di muzdalifah, melempar jumrah, dan mabit di mina.
5 Syarat Wajib Rukun Haji dan Umrah

1 Islam
Islam adalah merupakan salah satu ibadah haji yang wajib ditunaikan bagi umat muslim, dan bagi yang sanggup untuk melaksanakannya. Ibadah haji udah tersedia pas spesifik untuk mengerjakan yakni berada di kota makkah maupun di madinah.
Jadi ibadah haji tidak sah dan haram yang ditunaikan seperti orang kafir, sebab dia tidak menyembah kepada Allah SWT.
2 Baligh
Bagi yang udah baligh, supaya direkomendasi untuk laksanakan ibadah haji, namun tersedia seseorang yang laksanakan ibadah haji masih belum baligh, maka ibadah tersebut tidak di terima oleh Allah.
Dan sebaliknya, terkecuali tersedia seseorang yang laksanakan ibadah haji sebab udah baligh, maka ibadah tersebut di terima oleh Allah.
3 Berakal Sehat/Tidak Gila
Orang yang membawa penyakit sebab otaknya tidak berfungsi maka tidak wajib untuk laksanakan ibadah haji, terkecuali mereka memaksa untuk ibadah haji maka ibadahnya tidak diterima.
Syarat berakal sehat adalah dia yang mengetahui rukun haji dan umrah bersama Travel Haji Umrah  dan mengetahui perihal ajaran haji atau sunnah haji dengan sebenarnya.
4 Merdeka
Ada seseorang yang laksanakan atau berstatus budak, maka tidak wajib haji, namun terkecuali ia laksanakan haji, maka hajinya akan di terima oleh Allah.
5 Berkemampuan
Berkemampuan hal-hal yang dimaksud tersebut ini:
• Berbadan sehat dan bebas penyakit, yang sanggup untuk laksanakan ibadah haji dengan sempurna, hal ini yang diketahui oleh para pengurus haji.
• Tidak lemah fisik sebab usia yang udah lewati, wajib kita waspadai adalah dampak fatal atau lebih-lebih meninggal dunia, terkecuali ia selamanya pergi haji.
• Adanya rezki dan nafkah kita berasal dari keperluan pokoknya yang untuk dirinya sendiri, dan keluarganya yang ditinggalkan, sampai dia ulang berkumpul dengan keluarganya
• Tidak tersedia rintangan untuk laksanakan ibadah haji, misalkan tersedia anaknya yang di penjara maupun hukuman atau ancaman kepada orang-orang yang zalim.
• Ada cost untuk kendaraan laksanakan haji kala pergi maupun kala pulag ulang ke asalnya.
Rukun Haji
1 Ihram
Ihram adalah sebab kemauan dengan sebaik mungkin, yang menunaikan ibadah haji dengan besamaan Mengenakan busana ihram.
2 Wukuf
Wukuf adalah berhenti untuk berkunjung ke diri di padang Arofah terhadap tanggal 9 dzulhijjah, wukuf di padang Arofah merupakan salah satu rukun ibadah haji yang ditunaikan kepada umat islam seluruh dunia.
3 Thawaf
Thawaf adalah yang melingkari Ka’bah sebanyak tujuh kali, akan namun diputaran tiga pertama ditunaikan lari-lari kecil , dan dilanjutkan untuk berlangsung biasa.
Tahwaf terhitung dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan menjadikan disebelah kiri. Bagi yang tidak sanggup berlangsung cepat atau nyaris mendekati Ka’bah, boleh thawaf sedapatnya, dan disunahkan rukun yunani dan mencium Hajar Aswad atau mengusapnya terhadap setiap tujuh kali putaran.
4 Sa’i
Sa’i adalah berlari-lari kecil berasal dari bukit shofa ke bukit marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i terhitung merupakan yang bersifat sunnah, dan sa’i tidak boleh diwakilkan kepada orang lain, supaya rukun ibadah ini ditunaikan dengan sah.
5 Tahallul