Tips Dalam Merawat Karpet Masjid Agar Tidak Mudah Rusak

Author: | Posted in karpet No comments

Tips Dalam Merawat Karpet Masjid – Bagaimana rasanya jika anda datang ke tempat beribadah seperti masjid atau mushalla ternyata tempatnya kotor, khususnya di bagian karpet masjid yang sering kali kita jadikan alas untuk sajadah. Oleh karena itu karpet masjid harus selalu dibersihkan dengan baik, dan harus dirawat agar tidak mudah rusak sehingga bisa digunakan tahan lama.

Tips Dalam Merawat Karpet Masjid

Membeli karpet masjid yang berkualitas tentu harus dilakukan dengan ketelitian, bagaimana kualitas bahannya dan apakah karpet tersebut nyaman digunakan. Kini di daerah Depok ada banyak tempat penyedia karpet masjid yang jual karpet masjid jakarta, dengan bahan yang bagus dan berkualitas. Tinggal kitanya saja yang mengecek dengan detail bagaimana kualitas produk tersebut.

Tips Merawat Karpet Masjid Agar Selalu Bersih

Di dalam sebuah masjid karpet tidak hanya menjadi pelengkap interiornya saja, tetapi juga bisa digunakan untuk alas shalat. Sehingga karpet masjid harus selalu dalam keadaan bersih. Karpet yang kualitasnya bagus tidak akan mudah rusak, selain itu cara merawatnya pun akan lebih mudah dilakukan. Berikut ini beberapa tahap dan cara dalam merawat karpet masjid, diantaranya yaitu :

  1. Jika anda ingin menghilangkan bulu-bulu atau rambut yang banyak menempel pada karpet masjid, maka anda bisa membersihkan bulu dan rambut tersebut dengan sapu lidi. Anda bisa membersihkannya setiap hari, agar debu tidak akan menempel terlalu lama. Karena jika debu sudah menumpuk di karpet, membersihkan atau mencucinya pun akan lebih sulit.
  2. Mengubah posisi karpet di masjid dengan rutin, minimal setiap 3 bulan sekali. Agar karpet masjid yang sering terkena pijakan kaki itu, bisa berganti. Mengganti posisi karpet ini tidak harus menggunakan jasa laundry, karena anda bisa mengubahnya sendiri. Dengan begitu kualitas dari karpet tersebut akan selalu terjaga dengan baik.
  3. Setelah anda mengambil wudhu sebaiknya pastikan kaki benar-benar sudah kering, karena jika kaki yang basah sering menempel pada karpet masjid maka karpet tersebut akan menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap.
  4. Jika ternyata karpet di dalam masjid sudah terlanjur menimbulkan bau tak sedap, maka anda harus menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Tetapi kegiatan menjemur karpet masjid ini jangan terlalu sering juga karena bisa membuat kualitas karpet berkurang, misalnya warna karpet menjadi lebih cepat pudar.

Untuk mendapatkan karpet masjid yang berkualitas baik, anda harus membelinya di tempat yang terpercaya. Misalnya di tempat penyedia karpet yang jual toko jual karpet masjid di Depok. Sehingga anda bisa membersihkan atau merawat karpet masjid dengan cara yang mudah, jika karpet tersebut kualitasnya baik.

Jika karpet masjid sudah sangat kotor sampai membandel, anda bisa menggunakan lap yang dibasahi oleh air lalu tekan-tekan lap tersebut ke bagian karpet yang kotor tersebut. Cara tersebut bisa membantu anda dalam menghilangkan kotoran yang menempel pada karpet masjid tersebut.

Jika kotoran pada karpet masjid tersebut masih juga sulit hilang, anda bisa mengulangi cara tadi dengan menempelkan lap yang basah pada karpet tersebut.